Sabtu, 03 Januari 2009

KIAT SUKSES JELANG UN 2009

KIAT SUKSES JELANG UN 2009
Ujian Nasional (UN) semakin dekat. Hitungannya bukan bulan atau minggu, namun tinggal seratusan hari lagi. Untuk itu perlu dilakukan persiapan teknis dan strategis agar kita (guru-guru) dapat mendorong tercapainya keberhasilan anak didik kita. Setidaknya mencapai batas minimal kelulusan.
Berikut ini beberapa kiat menuju sukses UN secara elegan.
1. Ingatkan anak didik kita untuk melakukan persiapan menghadapi UN. Berikan motivasi bahwa mereka mampu melampaui dengan baik dengan persiapan yang sungguh-sungguh, jangan menakut-nakuti dan memberikan beban pesimisme.
2. Siapkan langkah strategis bersama sekolah mendeteksi kemampuan anak tiap SKL melalui tes yang disusun per SKL. Siapkan perangkat latihan soal yang disusun per SKL kemudian lakukan reviu per SKL.
3. Lakukan uji coba (Try Out) UN minimal dua kali sebelum Jadwal UN.
4. Laporkan hasil deteksi per SKL maupun hasil TO UN kepada orang tua.
5. Untuk anak istimewa (yang dikhawatirkan tidak lulus) berikan pelatihan khusus untuk SKL yang paling mungkin dapat mereka kuasai. Tidak perlu dipaksakan untuk menguasai semuanya. Ingat bagi anak seperti ini cukup mencapai 18 soal dari 40 soal Fisika yang diujikan.
Agar perangkat latihan dan instrumen (soal) mendekati bentuk soal UN, perlu dipahami bagaimana karakteristik soal UN sebagai instrumen tes prestasi yang mengukur kompetensi. Berikut ini kami berikan perbedaan skema penyusunan soal ulangan dengan soal ujian (UN)

1 komentar:

"let's be creative" mengatakan...

terimakasih ea pak atas inform'y...